Translate This

->

Wednesday, March 14, 2012

Mahfuuzoot yang aku hapalkan di Gontor itu telah mendunia

Dua puluh tahunan yang lalu kira kira di awal tahun 1988, saya mulai menimba ilmu di Pondok Gontor Ponorogo., pondok Pesantren yang dijuluki oleh masyarakat sekitar Modern, bukan karna peralatannya namun karna cara berfikir( behaviour) dan cara hidup (way of Life) yang sudah maju atau berbeda dari paradigma tempo dulu menurut penilaian masyarakat sekitar pada waktu itu,sehinggu julukan itu melekat sampai sekarang . Jadi julukan modern itu bukan dari pondok namun dari masyarakat. Awal menjadi santri, sebelum ilmu ilmu agama diajarkan, di hari hari pertama masuk seluruh santri yang baru masuk, akan diajarkan mantra :
" Man Jadda Wajada" Siapa yang bersungguh sungguh akan mendapatkan ( sukses) Ibarat , komputer masih belum terinveksi, dan memorinya bersih dari file file yang memperlambat atau bahkan merusak kinerjanya. Al hasil, ribuan santri yang pernahmondok di sana tamat tidak tamat, lulus tidak lulus pasti akan mengingat kata kata mutiara ini. Bahkan saya pribadi dari ratusan bahkan ribuan hafalan maupun pelajaraan, hanya satu yang selalu saya ingat, terutama ketika menghadapai masa masa sulit dan menjalani kerasnya berwirausaha di era Millenium satu itu adalah: Man Jadda Wajada
Karna santri yang telah menamatkan maupun masih belajar di pendidikan di Pondok Ini berjumlah lebih dari 50.000 ribu santri yang meliputi Gontor putra dan GontorPutri. Dan alumninya sudah bertebaran di seluruh dunia... .maka mantra ini telah mendunia beserta alumni-alumni dan satri-santrinya.

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Berilah Komentar!!
Trimakasih atas kunjungannnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...