Translate This

->

Tuesday, December 27, 2011

Konversi penanggalan Masehi ke Hijriah

Tip Excel : untuk mengubah tanggal Masehi ke Hijriah.
Bagi Muslim yang terbiasa menggunakan excel  dalam menegolah data , tentu sangat penting untuk mengetahui cara konversi penanggalan dari Masehi ke Hijriah karna sudah saatnya Muslim bisa lebih familiar dengan penanggalan ini. Dan bukan impian kosong ,suatu saat kita mempunyai software yang tidak perlu lagi rumus khusus untuk mengetahui tanggal Hijriah namun untuk mengetahui tanggal Masehi malah butuh konversi. Amin. Saya rasa sudah saatnya Muslim bisa menguasai dunia. tapi untuk mencapai tahap itu kita harus memperbaiki hal hal kecil yang bersifat tekhnis, dari hal hal kecil yang sudah diislamisasi itulah kita akan membangun fondasi untuk menuju kebangkitan Islam. bukankah sebuah gunung itu kumpulan bilyunan debu dan partikel kecil lainnya??
sebenarnya cukup mudah untuk mengkonversi tanggal masehi ke Hijriah. Tanpa butuh software tertentu cukup masukkan rumus berikut ke cell excell
• =text(A2-1;”b2dd/mmm/yyyy”)
Penjelasan:
A2 merujuk ketanggal maseh yang akan kita konversi
-1, koreksi yang diperlukan untuk penyesuaian. setelah saya otak atik sendiri dari rumus aslinya yang tidak pakai minus 1, ternyata tidak cocok dan butuh penyesuaian satu hari lebih cepat.  saya tidak tahu persis apakah nantinya akan ada koreksi yang lebih besar. Mohon dikoreksi kalau saya salah.
http://www.islamshout.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Berilah Komentar!!
Trimakasih atas kunjungannnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...