Translate This

->

Tuesday, May 8, 2012

Apa Tanda Tanda Diabetes



Malam kian larut,mata saya tidak mau terpejam,ahh daripada nganggur mending ngepost di blog saya yang tercinta ini.hehehhehe,maklumlah ini blog satu-satunya kesayangan saya.

Sempat muter dan mikir-mikir akhirnya ketemu juga sebuah ide untuk menuliskan artikel tentang kesehatan,dan inilahinformasi kesehatan mengenai tanda-tanda diabetes.

Yaa..kenapa saya menuliskan tanda-tanda diabetes,sebab menurut saya, ini juga penting untuk di posting untuk menambah wawasan pembaca sekalian.

Lantas,apakah itu diabetes..?menurut artikel yang saya kutip dari web obatgamat.com diabetes di definisikan sebagai berikut.

Diabetes adalah kondisi di mana tubuh tidak dapat mengatur kandungan gula dalam darah sehingga glukosa atau gula yang biasanya diangkut menuju sel-sel tubuh sebagai sumber energi justru tercecer dalam aliran darah, bahkan ikut terbuang dalam air seni. Pengaturan gula darah oleh tubuh dilakukan dengan bantuan hormon insulin yang berasal dari pankreas.Diabetes sendiri terdiri dari dua tipe yaitu:

Tipe 1:
Diabetes karena tubuh tidak memproduksi insulin sehingga penderita harus disuntik insulin setiap hari untuk mengendalikan kadar gula darah. Diabetes tipe 1 terjadi pada anak-anak dan remaja dan perkembangannya berlangsung cepat.

Tipe 2:
Pada diabetes tipe 2, pankreas memproduksi insulin, namun sel-sel tubuh tidak meresponnya secara normal. Jenis diabetes ini biasanya terkait dengan kegemukan dan beberapa kasus kehamilan serta baru berjangkit pada usia di atas 40 tahun.

Kadar gula darah tinggi secara lambat laun akan mengakibatkan kerusakan pembuluh darah dan saraf yang mengakibatkan gangguan fungsi mata, ginjal dan saraf serta meningkatkan risiko serangan jantung, stroke dan impotensi.

Tanda-tanda diabetes menyerang tubuh

1. Sering buang air kecil


Buang air kecil akan menjadi sering jika terlalu banyak glukosa dalam darah. Jika insulin (yakni hormon yang mengendalikan gula darah) tidak ada atau sedikit maka ginjal tidak dapat menyaring glukosa untuk kembali ke dalam darah. Kemudian ginjal akan menarik tambahan air dari darah untuk menghancurkan glukosa. Hal ini membuat kandung kemih penuh dan membuat seseorang sering pipis.itulah mungkin tanda-tanda diabetes yang sering dialami oleh banyak orang.

2. Sering merasa haus


Karena sering buang air kecil, Anda akan menjadi lebih sering haus, karena proses penghancuran glukosa yang sulit maka air di dalam darah tersedot untuk menghancurkannya. Sehingga seseorang perlu minum lebih banyak untuk menggantikan air yang hilang.

3. Berat badan turun cepat

Tanda-tanda diabetes ini sering terjadi terutama pada penderita diabetes tipe 1 (faktor genetik). Pankreas pada penderita diabates berhenti membuat insulin akibat serangan virus pada sel-sel pankreas atau respons autoimun yang membuat tubuh menyerang sel-sel yang memproduksi insulin. Akibatnya tubuh akan kesulitan mencari sumber energi karena sel-sel tidak memperoleh glukosa. Kemudian tubuh mulai memecah jaringan otot dan lemak untuk energi sehingga berat badan terus menyusut.

Pada penderita diabetes tipe 2 (faktor perubahan gaya hidup), penurunan berat badan terjadi secara bertahap dengan peningkatan resistensi insulin sehingga penurunan berat badan tidak begitu terlihat.

4. Merasa lemah dan gampang kelelahan

Karena produksi glukosa terhambat sehingga sel-sel makanan dari glukosa yang harusnya didistribusikan ke semua sel tubuh untuk membuat energi jadi tidak berjalan. Karena sel energi tidak mendapat asupan sehingga orang akan merasa cepat lelah.

5. Sering kesemutan di kaki dan tangan

Tanda-tanda diabetes ini disebut neuropati. Terjadi secara bertahap dari waktu ke waktu karena glukosa dalam darah tinggi akan merusak sistem saraf. Pada penderita diabetes tipe 2 kejadiannya secara bertahap, dan orang-orang sering tidak menyadari bahwa itu salah satu pertanda. Kondisi gula darah tinggi kemungkinan telah terjadi beberapa tahun sebelum diagnosa. Kerusakan saraf dapat menyebar tanpa pengetahuan kita.

6. Penglihatan kabur, kulit kering atau gatal, sering infeksi atau luka dan memar, yang membutuhkan penyembuhan dalam waktu lama merupakan tanda-tanda diabetes.

Itulah beberapa tanda-tanda diabetes,jika melihat ada tanda-tanda diabetes itu maka Anda punya alasan untuk khawatir soal diabetes.

Sedikit saran dari saya sih,mending lebih hati-hati dakam mengkonsumsi makanan,jika anda terlalu banyak makanan yang mengandung gula,sebaiknya banyak-banyak olahraga agar gula di dalam darah tidak terlalu bayak menginfeksi darah anda,jika darah anda terlalu banyak gula maka yang terjadi adalah seperti ini
copied from  http://bung-klon.blogspot.com/2012/04/tanda-tanda-diabetes.html 

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Berilah Komentar!!
Trimakasih atas kunjungannnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...