Translate This

->

Sunday, May 13, 2012

Do’a Bagi Orang Bangkrut Dan Masalah Ekonomi


Tanbihun.com- Berangkat dari keprihatinan dan beberapa pertanyaan atau pun keluhan saudara-saudara seiman yang masuk ke email redaksi tanbihun Online. Kami akan memposting pertanyaan seputar masalah dan sedikit saran dari redaksi. Ini merupakan wujud kepedulian kami, sesuai motto motto kami “berbagi kebaikan itu indah”. Meskipun sebenarnya kami tidak menyediakan rungan konsultasi, tapi cukup banyak yang mengirim email ke redaksi sehungungan dengan berbagai cobaan hidup. Dari sekian banyak masalah yang sudah kami balas, ada beberapa yang hampir mirip, maka Insya Alloh mulai edisi ini kami akan menjawabnya melalui postingan. Agar bisa dibaca oleh banyak orang seandainya kami salah ada para pembaca yang bisa meluruskan. Semoga bermanfaat untuk kami dan pembaca yang membutuhkannya.
Asalamualaikum…
Saya dari Malaysia, wanita mualaf..
Masalah saya:
saya telah di timpa dengan bermacam2 jenis musibah, bankrut,suami enggan bekerja etc..
sudah berdoa,bersolat,puasa..
Pak,mcmna untuk keluar dari bencana bankrut ini,amalan/solat/doa yang harus saya amalkan?
qisti
Sarawak
Wa’alaikumussalam
Jangan menghungkan sholat,puasa do’a dengan berbagai macam musibah, apa anda kira orang yang rajin sholat,puasa,do’a tidak ditimpa ujian? coba baca sjarah para Nabi-nabi mereka justru orang2 yang paling rajin beribadah,paling khusu’,namun justru mereka pula orang2 yang paling berat ujiannya.
Bangrut hutang banyak suami malas, tiu seperti perut anda lapar, apakah akan kenyang hanya dengan di bacakan do’a?
Tentunya harus dikasih makan agar bisa kenyang.

Lalu posisi do’a dimana? apa fungsinya? apa manfaatnya?

Do’a merupakan ibadah, sekaligus sebagai perisai  bagi mukmin, jadi perisai dari rasa putus asa ketika harapan belum terkabul, seorag mukmin akan terus berdo’a penuh pengharapan sekaligus ketaqwaan. Do’a juga menjadi perisai dari rasa sombong ketika harapan kita tercapai. Ada 1 kekuatan diluar diri kita, kekuatan yang Maha sempurna,Maha segala-galannya.
Alloh memang akan menjamin memberi jalan keluar orang-orang yang bertaqwa itu pasti, masalahnya “APAKAH KITA TERMASUK ORANG-ORANG BERTAQA TERSEBUT?” Logisnya, jika kesulitan sedang mendera layaknya kita intropeksi diri bukan malah men-DEMO Alloh dengan sholat, puasa dan do’a kita. Kalau demikian maka Alloh menjadi tertuntut, kita menjadi penuntut, sedangkan sejatinya Alloh lah yang menuntut kita.

Saran :

  • Tunaikan do’a dengan rendah diri ( tawadhu’), penuh harap, penuhi segala adab sopan santunnya. Lakukan Sholat dan kewajiban-kewajiban lainnya secara benar dengan memenuhi semua syarat-rukunnya, niat yang ikhlas karena Alloh semata, jagalah dari penyakit-penyakit yang bisa merusak amal kita, seperti riya’, ujub,sum’ah dll.
  • Tutup aurat sesuai aturan Syar’i
  • Kurangi berkeluh-kesah kepada makhluk, mengadulah kepada Alloh lewat do’a dan mujahadah, bacalah do’a berikut setelah sholat 5 waktu atau sholat hajat;
  • Perdalam ilmu agama dengan belajar langsung kepada orang ‘alim (yang benar-benar paham dengan ilmu agama Islam) bukan hanya dari buku atau internet (otodidak).

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Baca sebanyak 450 atau 1.000 kali

يا غنيُّ يا حميدُ يا مُبدِئُ يا مُعِيدُ يا رحيمُ يا وَدود اَغْنِني بِحَلالِكَ عن حَرامِك وَبِطاعَتِكَ عَن مَعْصِيَتِك وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاك

Allahumma ya Ghaniyyu ya Hamiid ya Mubdi’u ya Mu`iid ya Rahiimu ya Wadud aghnini bi-halalika `an haramik wa-bitha`atika `an ma`siyatik wa-bifadhlika ` amman siwak.
Dibaca sebanyak-banyaknya.

NB. SEBAIKNYA DO’A INI PUN DIPELAJARI LANGSUNG KEPADA AHLINYA AGAR BACAANNYA BENAR.

Semoga Alloh selalu membimbing dan menolong kita tetap istiqomah dijaln-Nya.amiin.
Wassalamu’alaikum   wr.   wb.

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Berilah Komentar!!
Trimakasih atas kunjungannnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...