Translate This

->

Wednesday, May 16, 2012

Hikmah ada di mana-mana, sedangkan pena adalah pengikatnya


Para pembâca yang budiman,Berapa banyak ide dan rencana yang terlintas di
benak kita. Akan tetapi, semua itu hilang bersamaan dengan berlalunya waktu karena kesibukan, banyak pikiran, dan Ide-ide yang berjejalan.
Ada sebuah nasihat dari para ustadz, guru, dan pembimbing kepada anak didiknya agar setiap murid memiliki buku kecil. Kemudian, setiap ide yang terlintas di pikiran ditulis di dalam buku tersebut. Atau pertanyaan yang muncul, atau rencana yang tiba-tiba menyeruak dari dalam dirinya.
ide adalah rezeki yang dianugerahkan Allah kepada Anda. Bukanlah orang yang berakal dan pandai bila menyia-nyiakan rezeki ini atau tidak merespannya dengan baik.Kerap kali ide mengunjungi Anda pada hari ini. Namun barangkali, ide-ide tersebut baru bisa diimplementasikan setelah beberapa tahun kemudian. Jika ide-ide tersebut tidak tertulis di dalam buku sebagai pengikatnya, barangkali ide-ide tersebut akan hilang. Dan, Anda menjadi seperti orang yang membuang tempat masakan di kala tidak ada daging. Kemudian, ketika sudah ada daging, namun tempat masakannya sudah tidak ada.
Dengan hati yang senang, aku akan memulai pem~ bicaraanku ini tentang nasihat di atas, supaya kita dapat mengaplikasikannya dari sekarang. Di sela-sela membaca tema demi tema yang ada di dalam buku ini, Anda akan
mendapatkan satu informasi atau lebih banyak hal lagi yang menarik hati Anda. Atau, Anda akan terilhami oleh sebuah pemikiran atau rencana kerja. Mungkin juga, Anda memiliki penjabaran atau penafsiran atau pertentangan atas ide-ide yang ada.
Berapa banyak buku yang telah kita baca dan mem- berikan inspirasi kepada kita, namun kemudian kita melupakannya? Dan cahaya dari buku itu padam, karena tidak dibaca ulang serta diingat lagi?
Dalam pembacaan secara cepat pada hari ini, para pendidik menyarankan kepada siswanya untuk menulis simpulan tentang materi yang telah dipelajari pada halamanpaling atas. Hal ini dengan tujuan untuk membantu mereka
dalam memahami isi buku dan untuk mengingat secara cepatsetelah itu.
Sahabat-sahabatku yang berbahagia,
Sesungguhnya,ide dan renungan adalah jalan terbukanya pintu akal. Jika kita meninggalkan dan mengacuhkan ide-idetersebut, maka kita akan rugi. Bahkan, kita akan menyesal ..Hari yang tidak lagi bermanfaat penyesalan maupun
kesedihan.
 
Pancaran Cahaya;
Ketahuilah bahwa penulis yang baik dulunya
adalah seorang pembaca yang baik.
 
Dikopi paste dari buku Ide Kecil untuk Hidup Yang Besar
oleh Nurkholis

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Berilah Komentar!!
Trimakasih atas kunjungannnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...