Translate This

->

Saturday, December 31, 2011

Khutbah jum'at tentang Kesetaraan Hukum dalam Islam.

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. يَا أَيُّهَا النَّاسُ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. قَالَ تَعَالَى: يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ. قَالَ تَعَالَى: يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَآءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِيْ تَسَآءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا. يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا. أَمَّا بَعْدُ؛ فَإِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللهَ، وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَّرَ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ وَكُلَّ ضَلاَلَةٍ فِي النَّارِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ. ان تلله يأمركم انتؤد واالأما نات الى أهلها واذا حكمتم بين الناس ان تحكموا بالعدل ان الله نعما يعظكم به ان الله كان سميعا بصيرا.
Alhamdulillah kita semua dapat bertemu kembali untuk memenuhi panggilan sholat jumat. Dimana di majlis ini kita sama sama meningkatkan kadar kemulyaan kita di depan Allah swt. Hanya dengan ketakwaanlah kadar kemulyaan kita di ukur dan tidak ada perbedaan antara miskin dan kaya , pangkat dan tidak pangkat, presiden dan rakyat … semua itu di depan Allah adalah sama dan hanya yang lebih mulia bagi yang lebih bertakwa kepada Allah swt. Mari kita selalu ingat firman Allah swt: Innna akromakum indallahi atqookum. Bagi muslimat pemudi muslimah kami selalu mengajak untuk sama sama memakmurkan masjid ini. Penolakan wanita untuk memasuki masjid Allah adalah suatu driskiminasi dan sekarang dunia telah berubah. Kami yakin jikalau Imam Khanafi masih hidup maka beliaupun akan mengubah cara berfikirnya dan inilah yang disampaiakan oleh ulama Qatar Yusuf Qardlawi . kita harus merubah cara berfikir bawah wanita tidak boleh ikut jumatan wanita tidak boleh ke masjid karna mereka juga dibolehkan pergi ke pasar, berladang, kerja di kantor pada masa sekarang dan yang  dulu memang tidak boleh dan sekarang sudah berubah.
Fadlilah mendatangi panggilan azan ini dapat menjadikan kita dijamin oleh Allah baik dalam kebutuhan spiritual kita apalagi kebutuhan dunia.  Bagi yang mengutamakan Allah, Dia telah berjanji akan menjadikan hati kita dipenuhi oleh kekayaan dan tidak  kefakiran. Pernahkah kita dapati orang tipe orang yang harta melimpah tapi fakir hatinya , hartanya melimpah tapi mengkorupsi harta Negara yang notabene diambil dari pajak  rakyat jelata? Nauzu billahi min zaalik. Tentu kita semua menyaksikan di berbagai media massa drama yang sedang dimainkan oleh orang orang yang serakah nauzu billahi min zaalik.
Kejadian kejadian yang janggal di mata hukum  tidak lain adalah karna  di negri ini keadilan masih mahal, barang langka , banyak kasus kasus korupsi bernilai ratusan juta bahkan miliaran hanya dihukum ringan dibandingkan dengan hukuman rakyat jelata. Sedangkan jika kasus itu melibatkan orang yang kecil dengan nilai yang jauh dibawahnya mendapatkan vonis hukuman yang lebih berat. Ini jelas tidak bisa diterima.Korupsi lebih kejam dari tindak terorisme karna terorisme mengancam beberapa fihak sedangkan korupsi membahayakan ratusan juta manusia Indonesia dari ujung timur sampai barat dan bahkan bisa menghancurkan  Negara kita secara pelan2. Salah satu Negara yang menyadari effek yang amat menghancurkan itu adalah china. Negara ini menegakkan hukuman mati bagi tindak  pidana korupsi, tidak ada ampun bagi koruptor.  Dilaporkan setidaknya 4 ribu 10 ribu orang telah dihukum mati karna kasus korupsi pada th 2009 . yang Justru aneh di negri kita ini para koruptor mendapat perlakuan khusus bahkan di penjara bisa bikin hotel berbintang. Sangat  sangat menyedihkan.
Maasyirol muslimin wal muslimat 
Sekarang dapat  kita  saksikan china tumbuh menjadi kekuatan ekonomi dunia yang sangat ditakuti Amerika bahkan sampai urusan peniti benik jarum tidak ada Negara yang bisa mengalahkan murahnya produk china. Salah satu Kuncinya tidak lain adalah  :hukum mati para perampok uang rakyat. 
Maasyirol muslimin wal muslimat
Rasulullah saw mengkritik cara pengadilan tebang pilih atau pilih kasih dengan mengisahkan kehancuran orang 2 yang terdahulu karna menjalankan sistim pilih kasih ini. jika yang bersalah adalah orang orang bangsawan maka mereka membiarkannya dan jika yang bersalah dari para hamba dan rakyat jelata maka mereka menghukumnya dengan seberat beratnya. Rasulullah selalu mencontohkan penegakan hukum mulai dari keluarga beliau. Nabi yang mulia lagi diberkahi bersabda “ jikalau anakku Fatimah binti Muhammad mencuri maka aku akan potong tangannya”
Bayangkan saudara saudaraku !!Fatimah adalah anak kesayangan baginda Rasulullah, biji mata beliau namun begitu berbicara ranah hukum maka posisi Fatimah adalah sederajad. Equality before the law. Didepan hukum adalah sama. Dalam khutbah kami yang terdahulu juga pernah rasulullah menasehati Fatimah yang berbunyi kurang lebih “Ya Fatimah jika sekiranya suamimu tidak redla terhadapmu maka aku tidak akan doakan kamu”.
Subhanallah .Ini terhadap anak beliau sendiri Fatimah. Wanita teragung sepanjang masa. Wanita yang sangat sholikhah sepanjang masa , tapi ternyata rasulullah tidak mau doakan kalau posisi Fatimah ra. Salah di depan Allah.
Pesan apa yang dapat kita ambil dari tauladan nabi ini?
Penegakan hukum dan keadilan adalah wajib jika kita ingin menjadi bangsa yang besar dan maju dalam segala bidang termasuk ekonomi. 
Pesan ke dua adalah penegakan hukum harus di mulai dari keluarga. Seperti halnya Rasulullah saw terhadap putri beliau.
Dan pesan ke tiga hukum harus di mulai dari diri sang pemimpin, walaupun ketua rt sekalipun. Tidak lah berlebihan jika rasulullah saw bersabda 
Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap kamu ajan dimintai pertanggung jawaban atas kepemimpinannya 

 
Artinya: "Ya Tuhan sungguh kami telah mendengar seruan yang menyeru kepada iman: "Barimanlah kamu kepada Tuhanmu, maka kami pun beriman.
Kami mendengar muezzin menyeru dari Masjid ini. Kami berhenti bekerja,kami berhenti berladang, kami berhenti memanen padi kami, kami berhenti berdagang dan kami datang memenuhi panggilan Mu
 Ya Tuhan, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami, serta matikanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbuat kebajikan.
Tiga point permohonan hamba kepada Mu
1. Ampuni dosa dosa hamba karna hamba telah memenuhi panggilan Mu
2. Hapuskan kesalahan kesalahan hamba karna kami telah memenuhi panggilan Mu.
3. Tutup usia hamba dengan predikat abror. Orang orang yang berbuat kebajikan. 
 Ya Tuhan, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan rasul-rasul-Mu, dan janganlah Engkau hinakan kami pada hari kiamat nanti. Sungguh Engkau sama sekali tidak akan pernah menyalahi janji." (QS. Âli Imrân: 193-294). 
Di akhir khutbah ini  mari kita renungi hadits qudsi tentang dialog Allah swt dengan manusia triliyunan tahun yang akan datang di alam akhirat, “Allah tabaraka wa ta’ala berkata kepada penghuni neraka yang paling ringan siksanya, ‘Seandainya kamu mempunyai dunia seisinya, apakah kamu mau menebus siksa ini dengannya?’. Maka dia menjawab, ‘Ya.’ Lalu Allah mengatakan, ‘Sungguh dahulu Aku menginginkan darimu sesuatu yang lebih mudah daripada itu, ketika kamu masih berada di sulbi Adam; janganlah kamu mempersekutukan- maka Aku tidak akan masukkan kamu ke dalam neraka, namun kamu justru enggan melainkan tetap berkeras untuk melakukan kesyirikan.” (HR. Muslim). Dialog pemilik alam semesta ini memberitahukan kepada kita bahwa syurga sekarang lagi diobral discount 100%, kalau kita isi kotak masjid ini seminggu 1000 maka kalau kita aktif ngisi selama 20 tahun maka jumlahnya adalah 1.042.857.(satu juta empat puluh dua ribu delapan ratus limapuluh tuju rupiah) tidak cukup untuk beli hp gsm yang terbaru dengan fitur lengkap. Tapi kalau kita ikhlas itu bisa beli Surga. Kita hanya diminta seseuatu yang ringan oleh Allah untuk harg` Surga yang abadi. Kenapa kita tidak mau…

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Berilah Komentar!!
Trimakasih atas kunjungannnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...