Translate This

->

Saturday, May 12, 2012

Salurkan Donasi Walau Hanya Rp25rb: Mengatasi Kristenisasi di Gunung Kidul Jogja Lewat Pembangunan 7 Masjid


Desa Girisekar terletak di pelosok barat Gunung Kidul-DIY, dekat dengan pantai selatan. Di desa ini terdapat beberapa dusun yang dari segi ekonomi dan agama masih jauh tertinggal dari desa-desa lainnya. Di zaman dahulu tersebar tradisi-tradisi syirik dan budaya yang jauh dari ajaran Islam. Berkat karunia Allah, dakwah di desa ini dan sekitarnya semakin berkembang. Ritual keagamaan yang tidak diajarkan dalam Islam semakin lama semakin ditinggalkan. Bahkan oleh sebagian pemuka agama berkat hidayah Allah pun berangsur-angsur meninggalkan tradisi yang jauh dari Islam. Masyarakat pun semakin sadar dan mulai beralih ke masjid dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.  Itu semua berkat karunia dan taufik dari Allah.

Keadaan masjid saat ini semakin sesak dengan para jama’ah yang sudah mulai sadar akan hakikat hidup sebenarnya yaitu untuk beribadah pada Allah. Karena semakin sesaknya masjid, masjid dan musholla yang ada butuh untuk diperluas dan yang lainnya butuh untuk diperbaiki karena kondisi fisiknya yang sudah tidak layak. Beberapa masjid pun perlu direhab tempat wudhu dan kamar mandinya. Dan sangat perlu ada sarana pelengkap untuk masjid seperti Al Qur’an terjemahan dan buku-buku pembelajaran TPA.

Di rumaysho.com semula kami anggarkan pembangunan untuk 2 masjid (Musholla Al Ikhlas Kunci dan Masjid Al Muttaqin Pucang) di desa Girisekar dan sekitarnya. Namun karena masjid yang lainnya di desa kami dan sekitarnya pun amat butuh pada donasi, kami putuskan untuk membagi donasi ini untuk 7 masjid guna merehab masjid, memperluasnya, mengadakan saran tempat wudhu, kamar mandi dan menyediakan berbagai sarana pelengkap. Masjid-masjid yang akan direhab adalah sebagai berikut:
  1. Masjid Jaami’ Al Adha Mbali. Masjid ini adalah masjid terbesar di Desa Girisekar dan menjadi pusat shalat Jum’at. Masjid ini berdampingan langsung dengan rumah kami. Yang akan diperbaiki dari masjid ini adalah tempat wudhu yang mesti diperluas dan kamar mandi yang dibuat lebih layak.
  2. Masjid Adz Dzikro Nduren. Masjid ini adalah masjid terbesar kedua di desa kami dan menjadi pusat shalat Jum’at kedua bagi jama’ah yang berada di sebelah selatan Desa Girisekar. Yang perlu dibangun dari masjid ini adalah tempat wudhu dan kamar mandi. Dan sebagian donasi sudah disalurkan ke masjid ini guna mengadakan sarana sound system yang sudah rusak sebelumnya.
  3. Masjid Al Muttaqin Pucang. Masjid ini dalam tahap rehab ulang. Masjid ini termasuk masjid besar sekaligus digunakan untuk shalat Jum’at di desa tetangga, berdampingan dengan desa kami.
  4. Masjid Al Hadi Nduren. Masjid ini adalah masjid kecil di desa kami yang memuat jamaah satu RT. Masjid ini –alhamdulillah- dari donasi ini telah selesai merehab jalan, penyediaan tempat wudhu yang layak, pemasangan kipas angin, dan mengecat ulang.
  5. Masjid Ash Shofuddin Krambil. Masjid ini berada di dusun sebelah, namun masih satu desa. Masyarakat di sekitar masjid ini masih butuh dakwah dan termasuk dusun yang masih tertinggal dari segi ekonomi maupun agama. Yang perlu direhab dari masjid ini adalah atap dan plafon.
  6. Musholla Al Ikhlas Kunci. Musholla ini adalah musholla kecil yang berada di desa kami di tengah masyarakat yang dikenal miskin dan berekonomi rendah. Musholla ini perlu diperluas karena saat ini sulit memuat jama’ah sekitar dua RT.
  7. Musholla Nur Hasanah Magir. Musholla ini sudah mengalami rehab dan sumber dananya adalah donasi rumaysho.com yang kami publish setahun yang lalu. Namun musholla ini masih butuh perbaikan tempat wudhu yang belum dirampungkan sejak rehab sebelumnya.
Moga dengan pembangunan masjid dan musholla di desa ini semakin memudahkan tersebarnya dakwah Islam di daerah pedalaman Gunung Kidul yang di mana dakwah agama lain sudah ikut merambah (seperti dari umat Kristiani dan umat Budha).

Bagi yang ingin berpartisipasi, silakan mentransfer dananya ke rekening berikut:
  • Rekening BCA KCP Kaliurang atas nama Muhammad Abduh Tuasikal: 8610123881
  • Rekening BNI Syariah atas nama Sdr Muhammad Abduh Tuasikal: 0194475165
  • Rekening Bank Syariah Mandiri KCP Wonosari atas nama Muhammad Abduh Tuasikal:3107011155
Setelah mengirimkan donasi, silakan mengkonfirmasi ulang ke 0815 680 7937 (via SMS) dengan mengetik nama donatur (jika ingin disebut), besar dana, rekening tujuan, tanggal transfer, keperluan donasi.
Contoh: Hamba Allah#Rp.2.000.000#BCA#19 April 2011#pembangunan masjid.

Donasi ini berlaku mulai 19 April 2011 dan diperpanjang s/d 6 Juli 2011.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ بَنَى مَسْجِدًا يَبْتَغِى بِهِ وَجْهَ اللَّهِ ، بَنَى اللَّهُ لَهُ مِثْلَهُ فِى الْجَنَّةِ
Barangsiapa yang membangun masjid (karena ingin mengharap wajah Allah), Allah akan membangunkan bangunan yang semisalnya di surga.” (HR. Bukhari dan Muslim, dari ‘Utsman bin ‘Affan)


Info selengkapnya:
http://rumaysho.com/pusat-informasi/sosial/3407-laporan-donasi-pembangunan-masjid-desa-girisekar.html

1 comment:

  1. Tolong ditanggapi blog http://islamexpose.blogspot.com karena telah menggoyahkan keislaman saya..

    ReplyDelete

Jangan Lupa Berilah Komentar!!
Trimakasih atas kunjungannnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...