Translate This

->

Tuesday, May 8, 2012

Waspadalah, Sering Kencing Malam Hari Picu Risiko Kematian


Go4HealthyLife.com, Jakarta - Berhati-hatilah bagi Anda yang sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil. Sebuah studi menyebutkan bahwa sering buang air kecil di malam hari, atau nokturia, ternyata dapat meningkatkan risiko kematian bagi orang dewasa dari segala usia.

Hubungan antara nokturia dengan kematian ini tetap ada bahkan setelah kondisi seperti diabetes dan penyakit jantung diperhitungkan, menurut para peneliti dalam studi yang dipaparkan pada pertemuan tahunan American Urological Association di San Francisco pada Mei lalu.

Studi yang dilakukan para peneliti dari New England Research Institute di Massachusetts, yang menganalisis rekaman medis dari hampir 16.000 pria dan wanita berusia 20 tahun atau lebih, menemukan fakta bahwa mereka yang terbangun untuk buang air kecil sebanyak dua kali atau lebih di malam hari memiliki risiko lebih tinggi mengalami kematian dibandingkan dengan mereka yang kencing kurang dari dua kali di malam.

"Pada kelompok usia yang lebih muda, mereka yang melaporkan nokturia, memiliki sekitar dua kali risiko kematian dibandingkan dengan mereka yang tidak, sedangkan pada kelompok usia yang lebih tua, nokturia meningkatkan risiko kematian sekitar 20 hingga 30 persen," kata penulis studi, Varant Kupelian, seperti dikutip kantor berita China, Xinhua.

Dr. Kupelian mengatakan tingginya risiko kematian pada kalangan muda itu menunjukkan bahwa nokturia mungkin menjadi penanda atau tanda peringatan untuk penyakit subklinis atau untuk pengembangan penyakit kronis di kemudian hari.

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Berilah Komentar!!
Trimakasih atas kunjungannnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...