Translate This

->

Saturday, June 16, 2012

GONTOR SUDAH BERTAHAN LEBIH 80 TAHUN

Ummat Islam seharusnya bersyukur karena memiliki aset Sebuah Balai Pendidikan Pondok Modern Gontor yang memang berstatus wakaf. Pondok ini telah melalui lebih 80 tahun pengalaman di berbagai fasa pemerintahan dan keadaan. Bagaimana Pondok ini bisa bertahan begitu lama dan semakin terus berkembang. 
Di antara kuncinya adalah keikhlasan 3 orang bersaudara sebagai Pendiri : yaitu KH Ahmad Sahal, KH Zainuddin Fanani dan KH Imam Zarkasyi.
Beliau-beliau adalah para pejuang pendidikan yang berfikiran jauh dan berpandangan luas serta pemberani. 
Kini jumlah murid yang sedang belajar di Gontor mencapai lebih tujuh belas ribu pelajar. Subhanallah. Padahal pada permulaan pembelajaran yang muridnya hanya berjumlah 16 orang, Bapak Pendiri pernah berkata yang bermaksud : "Seandainya murid hanya tinggal satu orang, maka saya akan tetap mengajarnya sampai tamat. Dan seandainya tidak ada yang mau belajar di sini, maka saya akan tetap mengajar melalui tulisan". Begitulah kekuatan azam dan cita-citanya dalam mendidik murid-muridnya. 
Kenyataannya, sekarang ini semakin berkembang dan semakin luas dan besar. alhamdulillah. 

Pengorbanan dimulai dari Para Pendiri yang mendermakan tenaga, fikiran dan hartanya. 
Sebahagian besar tanah yang dimiliki diwakafkan ke Pondok untuk ummat Islam. Inilah permulaan baik yang harus ditiru dan diteladani oleh para generasi seterusnya. Sebuah balai pendidikan adalah tempat beramal, beribadah dan berkorban bukan tempat untuk mencari dana dan untuk mencari kedudukan. 

Alhamdulillah sehingga saat ini Pondok Modern Gontor masih mempunyai prinsip yang sama. Oleh itu Gontor terus berkembang dan semakin kukuh. Semoga akan terus kukuh sampai hari Kiamat. Amin. Para Kyai berkorban, Para Guru berkorban, Para santri/pelajar berkorban, para ibubapa berkorban dan diteladani oleh masyarakat dan para pejabat negara. 

Seluruh orang yang terlibat dengan Pondok ikut berkorban untuk Pondok li i'laai kalimatillah. Para Kyai membiayai diri dan keluarganya, begitu juga dengan para guru dan para santri. Mereka membiayai dirinya sendiri. Maka tidaklah heran jika Pondok Modern Gontor bisa bertahan sampai saat ini dan insya Allah seterusnya sampai hari Kiamat. amin

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Berilah Komentar!!
Trimakasih atas kunjungannnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...