Translate This

->

Sunday, April 29, 2012

5 Negara dengan Pendidikan Terbaik


Sumber Gambar: Wikiprogress.orgKonon, jika kita ingin tahu bagaimana masa depan suatu bangsa, maka lihatlah pendidikannya. Sebab, pendidikan adalah salah satu komponen terpenting yang menentukan nasib suatu bangsa. Fakta membuktikan bahwa negara-negara maju pasti memiliki sistem pendidikan yang baik. Begitu pun dengan negara-negara yang dulunya berada dalam kondisi yang tidak baik, mulai terangkat derajatnya dengan sedikit demi sedikit membenahi sistem pendidikan mereka.
Lalu, jika begitu, negara mana saja yang unggul dalam sistem pendidikannya? Berikut ini Redaksi Mizan.com merangkum "5 Negara dengan Pendidikan Terbaik di Dunia" versi Mizan.com.
Finlandia. Sistem pendidikan di negara yang terletak di ujung Benua Eropa ini sangatlah unik. Mulai dari gratisnya biaya pendidikan, tidak adanya seragam dan UN, hingga suasana belajar yang tergolong santai dan informal. Meskipun demikian, Finlandia justru menjadi negara terbaik di dunia dalam hal sistem pendidikannya. Kuncinya, mereka hanya memilih orang-orang terbaik untuk menjadi guru dan menerapkan kecintaan membaca kepada warganya sejak dini.

Kanada. 
Negara Amerika Utara ini dikenal memiliki standar dan kualitas pendidikan tinggi. Ada banyak alasan atas hal itu. Di antaranya, Kanada mengeluarkan anggaran yang besar, setiap tahunnya, untuk dana pendidikan. Negara itu juga mewajibkan setiap daerah di negeri itu untuk bertanggung jawab atas sistem pendidikannya sendiri. Selain itu, meskipun tidak gratis, biaya hidup dan pendidikan di Kanada cenderung lebih rendah ketimbang negara Eropa dan Amerika Utara lainnya. Karenanya, negara itu sering menjadi pilihan mahasiswa melanjutnya studi kesarjanaannya. Stabilitias negara ini di bidang politik, hingga menempati peringkat yang tinggi dalam Global Peace Index dan Human Development Index PBB, menjadi faktor penting baik dan tumbuh pesatnya pendidikan di negara itu.Cina. Beberapa daerah di Cina memiliki kualitas pendidikan tinggi. Daerah tersebut khususnya adalah Shanghai dan Hongkong, yang memiliki peringkat tinggi dalam PISA (Programme for International Student Assessment), program yang melakukan studi mengenai prestasi anak-anak berusia 15 tahun yang dilakukan oleh OECD, sebuah organisasi yang menaungi perkembangan perekonomian dunia.
Korea Selatan. Pendidikan di Negeri Ginseng ini juga tercatat mengalami pertumbuhan pesat. Teknologi menjadi poin utama dalam perkembangan pendidikan negara ini. Salah satu implementasinya yakni Korea Selatan menjadi negara pertama yang menyediakan layanan akses internet berkecepatan tinggi untuk siswa-siswi di sekolah dasar, menengah, dan atas.
Selandia Baru. Selandia Baru menempati peringkat ke-7 dalam PISA tahun 2009 lalu. Sementara berdasarkan indeks pendidikan yang diumumkan oleh Human Development Index (Indeks Pembangunan Manusia) PBB tahun 2008 lalu, Selandia Baru menempati peringkat tertinggi bersama beberapa negara lainnya, seperti Denmark, Finlandia, dan Australia. Salah satu kunci kesuksesannya yakni karena pendidikan wajib di negara ini diberikan kepada anak usia 6 hingga 16 tahun secara cuma-cuma. [Tika/Mizan.com/dari berbagai sumber]

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Berilah Komentar!!
Trimakasih atas kunjungannnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...