Translate This

->

Tuesday, April 10, 2012

Khutbah Pertama Yesus (Alaihissalam )kepada jemaat: Ajaran Tuhan Yang Mempesona.


Jesus Alaihissalam
Seluruh penduduk Yerussalem sangat tergugah denganberita ini, sehinnga mereka semua bergegas
menuju rumah ibadat untuk melihat Yesus ( Alaihissalam), yang telah berada di dalamnya dan sedang bermunajat.
Rumah ibadat itu tidak dapat lagi menampung mereka. Oleh karena itu, para pendeta mendesak Yesus(Alaihissalam) dengan mengatakan:
"Semua orang ini ingin melihatkmu dan mendengar (suara)mu: oleh karena itu , naiklah ke atas mimbar dan jika Tuhan memberimu wahyu, sampaikanlah atas nama Tuhan"
Kemudian Yesus (Alaihissalam) menaiki mimbar tempat para literati ( Ali Taurat) biasa berpidato, mengerakkan tangannya sebagi isyarat agar " Maha suci Tuhan yang kebaikan dan rahmat-Nya telah menciptakan makhluk makhluk-Nya agar dapat memuliakaNya. Maha suci Tuhan yang telah memuliakan semua orang orang suci dan nabi nabi sebelum segala sesuatunya, untuk mengutus dia guna menyelamatkan dunia, sebagaimana Dia telah berfirman kepada David:" dihadapapan Lucifer, dalam terang cahaya para Santo, Aku Menciptakanmu."
"Maha suci Tuhan yang menciptakan malaikat-malaikat yang melayani Dia. Dan maha suci Tuhan yang menghukum dan mengutuk beserta para pengikutnya, yang tidak mau memberi hormat kepada siapa Tuhan menghendaki untuk dihormati. Maha Suci Tuhan yang menciptakan manusia dari lempung bumi dan merancangnya dalam karya karya -Nya. Maha Suci Tuhan yang dengan penuh kasih, yang memandang
air mata Adam  dan Eva, sesepuh pertama ummat manusia. Maha Suci Tuhan yang secara adil menghukum Cain (Qabil) yang membunuh saudaranya sendiri, yang mengirim banjir di bumi.
Yang membakar tiga kota durjana, yang menimpakan bencana kepada Mesir dan menghancurkan Pharaoh di laut Merah, yang mencerai-beraikan musuh musuh dari utusan utusan- Nya, yang menghukum orang orang yang tidak mau bertobat. Maha Suci  Tuhan yang dengan pehuh kasih memandang kepada makhluk makhluk Nya dan oleh karen itu mengutus nabi nabi suci kepada mereka agar mereka berada di jalur kebenaran dan kebajikan: yang melindungi para pelayan Nya dari setiap kejahatan dan mewariskan bumi ini kepada mereka sebagaimana yang telah Dia janjikan kepada sesepuh kita Abraham dan kepada anak nya. Kemudian melalui pelayan -Nya Moses, dia menganugrahi kita hukum suci-Nya sehingga setan tidak dapat menipu kita: dan Dia memuliakan kita melampaui semua makhluk makhlukNya"
Tapi saudara saudaraku apa yang kita lakukan sekarang sehinngga kita tidak akan dihukum atas dosa dosa kita?
Kemudian Yesus, dengan penuh semangat, menegur keras merea yang telah melupakan firman Tuhan dan melakukan tindakan yang sia sia; dia menegur dengan keras kaum pendeta atas kelalaian mereka dalam pelayanan kepada Tuhan dan atas kerakusan duniawi mereka; dia menegur keras kaum Literati (ahli Taurat) karena mereka mengkhotbahkan ajaran-ajaran yang tidak bermakna dan meninggalkan hukum tuhan; dia menegur keras ulama-ulama, karena mereka telah membuat hukum Tuhan menjadi tidak mempunyai pengaruh apa apa dalam tradisi mereka. Sedemikian bijak dan menyentuh khotbah Yesus (alaihissalam) ini sehingga semua yang mendengarkan, mencucurkan air mata dari lapisan sosial yang paling rendah hingga para elite masyarakat, memohon rahmat dan memohon agar Yesus mendoakan mereka: semuanya selamat kecuali para pendeta dan elite agama yang memendam kebencian kepada Yesus (alaihissalam), karena telah menyudutkan kaum pendeta,Literati dan para ulama. Dan mereka mengharapkan kematian Yesus (Alaihissalam) dalam hati mereka, tapi karena takut kepada mayoritas pendengar yang telah menerimanya sebagai nabi Allah, mereka terdiam seribu bahasa.
Yesus mengangkat kedua tanggannya dan berdoa kepada Tuhan, sementara para hadirin mencucurkan air mata mengucap:" kabulkanlah ya Tuhan. kabulkanlah." Doa telah berakhir, Yesus turun dari mimbar, keluar dari rumah ibadat: dan pada hari itu juga , dia meninggalkan Yerussalem dengan diikuti oleh banyak orang di belakangnya.
Sedangkan kaum pendeta saling membicarakan keburukan Yesus (alaihissalam) diantara mereka.
Injil Barnabas

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Berilah Komentar!!
Trimakasih atas kunjungannnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...