Translate This

->

Wednesday, April 18, 2012

Teleskop Hubble Tangkap Aurora di Planet Uranus


Ahmad Luthfi - Okezone
WASHINGTON - Untuk pertama kalinya ilmuwan menangkap gambar dari fenomena aurora di atas planet yang dijuluki es raksasa, Uranus. Kemungkinan ini hanya sebagian kecil dari fenomena langka yang tampak dan ilmuwan percaya planet tersebut memiliki hal-hal unik lain yang belum terungkap.

Dilansir Spacedaily, Rabu (18/4/2012), fenomena aurora tersebut tertangkap melalui pengamatan dari Hubble Space Telescope. Penampakan aurora itu menunjukkan kilauan cahaya yang muncul namun tidak berlangsung lama. Cahaya tersebut berbeda seperti fenomena aurora yang terjadi di planet Bumi.

Dalam pengamatan baru dengan teleskop yang berbasis di planet Bumi, para peneliti mendeteksi titik-titik yang bercahaya di planet uranus seperti yang tertampak melalui teleskop Hubble. Tidak seperti aurora yang ada di planet bumi dengan kilauan cahaya warna hijau dan ungu yang berlangsung sekira satu jam, aurora yang terdeteksi di planet uranus nampaknya hanya bertahan beberapa menit.

Secara umum, fenomena aurora adalah fitur dari adanya magnetosfer yaitu area di sebuah planet yang dikendalikan oleh medan magnet serta terbentuk dari solar wind (angin matahari). Solar wind ini merupakan suatau aliran partikel bermuatan yang menyebar ke segala arah dari atmosfer terluar matahari yang dikenal dengan nama korona.

"Planet uranus ini hanya diteliti secara rinci satu kali, selama penerbangan pesawat antariksa Voyager di 1986. Semenjak itu, kami belum mendapatkan peluang untuk melakukan pengamatan terbaru dari magnetosfer yang tidak biasa terjadi di planet ini," ujar Peneliti asal Paris, Laurent Lamy. (fmh)
detail berita

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Berilah Komentar!!
Trimakasih atas kunjungannnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...