Translate This

->

Wednesday, June 6, 2012

Khutbah Jumat : Shalat Jumat Bagi Wanita dan Pria



Maasyirol Musli
Bismillahiroohmanirrokhim
Robbisyrokhlii shodry wayassirly amry wakhlul uqdatan min lisaany yafqohuu qouly
Alhamdulillah pada kesempatan ini kita dapat bermuwajahah kembali dalam majlis yang penuh barkah, majlis yang diberkahi bagi siapa saja yang memenuhi panggilan Nya

Hai orang orang yang beriman , jika kalian dipanggil untuk sholat pada hari Jumat maka cepat cepatlah memenuhi panggilan itu dan tinggalkanlah segala bentuk transaksi yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
Kenapa majlis  pada sholat Jumat menjadi begitu diberkahi?. Ada setidaknya empat sebab dari banyak sebab yang karna kefaqiran ilmu  saya ,saya tidak mengetahui . Empat item tersebut adalah
 1.Karna didalamnya diwajibkannya sang khatib menyampaikan peringatan untuk saling meningkatkan ketaqwaan baik itu bagi khotib sebagai manusia biasa maupun bagi para hadirin. Jadi tidak ada yang lebih tinggi dalam hal ketaqwaan.
2.Diwajibkannya bagi khotib Jumat untuk mengucapkan Al hamdulillah pada dua khutbahnya. Rasa syukur akan nikmat  Allah dapat menambah barkah dari segala nikmat yang telah kita terima dan yang belum kita terima.
3. Diwajibkan bagi sang khotib dengan mengajak para hadirin untuk membacakan sholawat kepada nabi Muhammad SAW.  Sholawat adalah  bukti kita mencintai baginda rasul sebagai manusia  biasa. Beliau bukan Tuhan yang bisa memberi pengampunan pada Anda namun dengan banyak sholawat , Allah telah memberikan Izin, sekali lagi Izin kepada beliau untuk memberikan syafaat bagi ummat yang selalu membaca sholawat.
4. Dan diwajibkan bagi khotib untuk mengajak para hadirin memintakan maaf bagi seluruh kaum muslimin dan muslimat dari timur sampai barat.  Ibarat kita memberi , kita pasti akan mendapatkan sesuatu. Maka sesuatu itu adalah barkah.
Karna itu saya mengajak diri saya sendiri dan seluruh Muslimin  dan Muslimat, pemuda dan pemudi, untuk sama sama menghadiri majlis yang penuh barkah di mana doa doa dikabulkan, hajat hajat mudah dipenuhi dan hutang hutang mudah mendapatkan solusi pembayaran. Janganlah kita terlena dengan keduniawian kita sehingga kita mengacuhkan panggilan azan di hari jumat . Janganlah frustasi bagi yang berekonomi sempit sehingga meninggalkan sholat Jumat. Agar kita bisa sama sama memperbaiki kualitas ketaqwaan sehingga kita bisa lebih dekat dengan Allah dan menjadikan Nya terlibat dalam masalah masalah kehidupan kita.
Bagaimanakah hukumnya shalat jumat bagi wanita??
Dengan mengkaji ayat Al-Quran dan hadis tentang shalat Jumat di atas, jelaslah sudah bahwa sholat Jumat bagi wanita tidaklah wajib. Lantas bolehkan wanita melaksanakan sholat Jumat? Dalam sebuah riwayat, Rasulullah bersabda bahwa hendaknya kita tidak melarang wanita untuk melaksanakan sholat Jumat, meskipun rumah adalah tempat terbaik bagi mereka.
Sepanjang kehadiran wanita tersebut tidak menimbulkan fitnah bagi kaum lelaki yang mendominasi jamaah masjid, maka tak ada larangan bagi wanita untuk ikut merayakan hari Jumat dan menikmati berkah sholat Jumat.
Menurut catatan sejarah, para wanita di zaman Rasulullah sanggup menghafal surat Qaf dengan langsung menyimaknya dari lisan Rasulullah saat pelaksanaan shalat Jumat. Ini menunjukkan bahwa sejak masa Nabi pun tak pernah ada larangan sholat Jumat bagi wanita, dan kaum wanita telah ikut serta berjamaah shalat Jumat bersama-sama dengan kaum lelaki.
Hanya saja ketika sholat jumat dijadikan ajang “situs dating” atau ajang berkencan bagi pemuda pemudi  , baru rasulullah melarangnya untuk menghindari pergaulan bebas  yang boleh jadi timbul dari pertemuan pada waktu sholat Jumat. Sekarang, ketika pergaulan sedemikian bebasnya dan pengaruh negativ sangat banyak dan memasuki setiap sudut rumah kita, maka posisi menjalankan sholat Jumat bagi pemudi masih lebih baik dari pada terperangkap  dalam gebyar duniawi. Masih lebih baik dari pada menonton televisi, masih lebih baik dari pada menonton dangdutan. Ataupun bahkan gossip gossipan. Jadi biarkanlah kaum wanita menikmati berkahnya sholat Jumat. Dengan tetap menjaga adab dan berpakain Muslimah dan tidak membawa HP ketika sholat Jumat.Bagi yang gandrung emansipasi, silahkan menganut faham emansipasi tapi jangan pilih pilih yang enak enak saja. Islam sejak dulu kala telah menganut faham emansipasi. Hanya saja emansipasi dalam Islam ada kuota dan maqom sendiri sendiri. Bayangkan untuk mendapatkan pahala kesyahidan, seorang muslim laki laki harus berjuang di medan perang atau amalan yang berat lainnya . Sebaliknya bagi wanita untuk mendapatkan pahala syahid hanya berbekal  keikhlasan dalam menjalankan tugas tugas rumah tangga dan kodrat wanita. Sungguh suatu kompensasi yang lebih baik dari  Allah SWT bahkan dalam Islam, Nabi bersabda bahwa :Syurga di bawah telapak kaki ibu dan ibu adalah seorang wanita.
Hadits ini tidak pernah tergantikan dengan “ Syurga di bawah telapak kaki para bapak”, dan kita pun sebagai laki laki fine fine saja karna memang maqomnya beda beda.
Maasyirol Muslimin wal muslimat!
Nabi Muhammad Saw pada suatu ketika melihat seorang sahabat beliau meninggalkan sholat Jumat karna sibuk bekerja , maka ditegurnya
“Mengapa engkau meninggalkan sholat Jumat?”
“ Baginda nabi, saya bekerja pada orang yahudi ini. Hal ini saya lakukan karna hutang saya menumpuk dan belum bisa bayar. Ya rasulallah. Para penagih itu sudah tidak memberi saya toleransi lagi. Itulah sebabnya saya sampai meninggalkan sholat Jumat demi mendapatkan uang”
Nabi bersabda
“ Maukah kamu aku ajari suatu doa bilamana engkau baca maka niscaya hutang hutangmu akan terlunasi bahkan jika engkau kehendaki gunung menjadi emas maka akan jadi emas!”
Maka sahabat nabi SAW mengerjakan apa diajarkan oleh Nya dan Alhamdulilah sesuai dengan sabda beliau yang diberkahi dengan Firman Allah SWT akhirnya hutang-hutang sahabat nabi tadi terlunasi berkah dari doa tersebut dan mengerjakan sholat Jumat.
Karna itu bagi yang hutang nya banyak . sering sering membaca  ayat ini dan menanamkan dalam hati kita untuk selalu mencintai sholat  Jumat dan merindukan kehadirannya di saat saat mendatang.
Maasyirol muslimin wal muslimat.
Nabi dan para sahabatnya adalah manusia biasa  yang diutus oleh Tuhan semesta alam. Mereka mengalami yang kita alami. Dapur para nabi  tidaklah berbeda dengan dapur kita ini. Dan bahkan jauh di bawah standart  ekonomi masyarakat sekarang. Kita ambil contoh Nabi Ayyub alahissalam adalah n`bi yang mengalami sakit luar biasa sehingga ekonomi beliau jatuh  di titik paling bawah . Keadaan mana diperparah oleh para istri beliau yang tidak setia dengan meninggalkannya pada masa sulit ini kecuali satu istri yang setia yakni siti Rahmah.  Jadi  sedulur sekalian ,dapur para  nabi  yang nota bene utusan Allah tidaklah kebal dari masalah.
Contoh lain :Nabi Isa alaihissalam , atau dalam lidah orang ghoyyim non palestina :Yesus alaihissalam adalah nabi yang paling miskin. Beliau dilahirkan di bawah pohon dan bukan di rumah kediaman. Ketika dewasa beliau mengembara dari satu negri ke negri yang lain sampai melekat gelar “AL Masiih” yakni bekas pakaiannya mengusap negri negri karna tidak mempunyai rumah dan tidak mempunyai Istri yang melayaninya bahkan untuk urusan masak memasak sekalipun. Bila malam tiba beliau memakan rumput rumputan dan dedaunan serta meminum air bersih. Allah telah mewahyukan kepada beliau untuk berpindah pindah agar tidak banyak yang mengenali nya karna menyebarkan Keimanan kepada Tuhan yang Esa bisa membahayakan nyawanya di tengah kemusyrikan , mirip dengan Nabi Muhammad yang dikejar kejar untuk dibunuh setelah menyebarkan ajaran Ketuhanan Allah Swt sampai harus meninggalkan Makkah menuju Madinah
Dalam suatu dialog dengan para sahabat Rasulullah, beliau bersabda. : “ Yang paling dicintai oleh Allah adalah orang-orang yg gharib (miskin)”. Ditanyakan kepada beliau (saw) apakah gharib itu? Apakah orang-orang seperti Nabi Isa a.s. yang melarikan diri dari negerinya dengan membawa Iman?
Alhamdulillah dihadapan hadirin sekalian saya sampaikan bahwa Injil yang berusia 1500 tahun , sebelum nabi Muhammad dilahirkan ,yang berbahasa Aramaic, bahasa nabi Isa yang hampir punah telah ditemukan dalam keadaan asli tertulis diatas pelepah dedaunan dan sekarang disimpan di musium Turky untuk diterjemahkan. Salah satu poin yang kental ditulis di situ adalah bahwa Nabi Isa alaihissalam adalah Nabi Allah dengan missi menegakkan ketuhanan  Allah SWT dan dengan jelas ditulis di situ akan datangnya sang Nabi Akhir zaman Muhammad saw. Bagi yang percaya silahkan mengikuti kebenaran ini karna tidak ada paksaan dalam mengakui kebenaran, dan nabi Isa memang akan turun di akhir zaman untuk meluruskan ajaran ajaran yang dibawanya.






No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Berilah Komentar!!
Trimakasih atas kunjungannnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...